Selasa, 12 April 2011

Ada rumus untuk ngatur Kerenggangan Klep Honda CBR250R





langkah mengatur celah klep pada Honda CBR 250R

  1. buka cover kepala silinder setelah sebelumnya didahului dengan membuka fairing dan tanki.
  2. Setelah semua terbuka, putar magnet posisikan piston pada titik mati atas.
  3. Setelah itu ambil filler gauge lalu ukur celah klep.
  4. Klep In normal adalah 0,16 mm dan Ex 0,27 dengan toleransi 0,03mm.
  5. Kalau sudah melebihi toleransi, shim harus di ganti  
Kalau memang sudah jelas melebihi batas toleransi dan harus ganti, maka segeralah melepas shim

"Tapi shim satu sama lain jangan sampai tertukar karena ukurannya berbeda,. Setelah dilepas segera beri tanda, mana yang shim klep In dan klep Ex
.


Perbedaan ukuran ini salah satunya dikarena proses produksi. Tingkat keausan shim juga berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dalam tabel shim Honda CBR 250R ada 69 ukuran dengan ketebalan shim 1,2 mm hingga 2,9 mm dengan perbedaan tiap ukuran adalah 0,025mm.

Lalu bagaimana caranya memilih satu dari 69 pilihan shim tadi? Agar benar-benar presisi, butuh rumus untuk menentukan shim baru. Rumus yang dipakai adalah A=(B-C)+D.

A adalah ketebalan shim baru, B adalah hasil ukur valve clereance, C adalah spesifikasi valve clereance dalam kondisi standar dan terakhir D adalah ketebalan shim lama yang diukur dengan micrometer.

Misalnya celah di salah satu klep In adalah 0,27 mm, clereance standar 0,16 mm dan ketebalan shim lama yang hendak diganti adalah 2,12 mm. Maka A = (0,27-0,16)+2.12, A = 2,23mm, yang artinya kode shim baru adalah 223. Tapi kalau tidak ada, bisa menggunakan kode yang paling dekat, yaitu 222.

Mudah kan? kalau sudah ketemu shim yang baru tinggal pasang dan rakit kembali kepala silinder. Honda menganjurkan pengecekan celah klep ini dilakukan pada 10 ribu kilometer pertama dan pengecekan berikutnya tiap 20 ribu kilometer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar